Register Confirmation

Already registered ?

No

REGISTER NEXT PROGRAM

AKSELNEWS

Desain Bisnis Retail yang Berkeadilan
By Admin Akselerasi Inovasi Posted 10 Jan, 2017

Di penghujung tahun 2016, Akselerasi Inovasi (RAMP IPB) bekerja sama dengan Himpunan Mahasiswa Teknologi Industri Pertanian (HIMALOGIN) kembali menyelenggarakan DUTA AKSI (Diskusi Terbuka Akselerasi Inovasi). Bertempat di Ruang Kuliah Pinus (Faperta) IPB, DUTA AKSI yang digelar pada hari Rabu, 21 Desember 2016 mengambil tema "Desain Bisnis Retail yang Berkeadilan".

Pada kesempatan ini, DUTA AKSI menghadirkan Bapak Syahru Aryansyah, beliau merupakan Presiden Direktur dari PT Hydro Perdana Retailindo, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang retail. Perusahaan yang dipimpin oleh Pak Syahru ini memang masih terbilang baru dalam dunia retail, namun inovasi model bisnis yang diusung oleh Pak Syahru ini sangat menjanjikan di masa depan.

Sistem retail yang dikenal saat ini adalah retail yang dimiliki oleh perusahaan besar dan perseorangan. Sehingga keuntungan hanya didapatkan oleh segelintir orang saja. Namun sistem yang diangkat oleh Pak Syahru berbeda. PT Hydro Perdana Retailindo mengusung moto “belanja kita sedekah kita”. Perusahaan ini mendistribusikan produk yang akan dijual di toko-toko khusus dengan sistem belanja sekaligus bersedekah. Sistem yang diterapkan toko mengharuskan sebagian hasil penjualan dari toko tersebut diperuntukkan untuk sedekah. Dana tersebut akan didonasikan untuk pembangunan masyarakat dan kegiatan sosial lain.

Toko-toko yang menggunakan sistem tersebut adalah toko yang dibangun melalui kerjasama dengan pemerintah maupun kepala desa setempat. Pada akhirnya toko tersebut bukan milik perseorangan melainkan milik warga bersama. Melalui sistem ini, keuntungan usaha retail yang dapat dinikmati oleh masyarakat luas. Seiring dengan berkembangnya usaha ini, masyarakat yang disejahterakan pun semakin banyak.


Sentanah, salah satu peserta dari Seminar Duta Aksi ini, mengatakan bahwa model bisnis yang dipaparkan membuka wawasan, meskipun masih tergolong baru namun sudah sangat terstruktur dan dipikirkan secara matang. Acara ditutup dengan sesi tanya jawab dan pembagian doorprize.