Register Confirmation

Already registered ?

No

REGISTER NEXT PROGRAM

AKSELNEWS

Forum Akselerasi Inovasi - Merajut Masa Depan Pendidikan Inovasi dan Kewirausahaan
By Admin Akselerasi Inovasi Posted 06 Feb, 2017

Menandai 10 tahun berkiprah dalam bidang technopreneurship (kewirausahaan berbasis teknologi),  Akselerasi Inovasi (sebelumnya RAMP IPB) menyelenggarakan acara Forum Akselerasi Inovasi. Forum ini bertujuan untuk menghimpun inovator terbaik yang sudah mengikuti program melalui website akselerasi.id untuk mendapatkan kesempatan belajar dan berkompetisi dalam kancah nasional. Bertempat di IPB International Convention Center Bogor, Forum Akselerasi Inovasi diselenggarakan selama 3 hari mulai tanggal 6 hingga 8 Februari 2017 dengan tema “Merajut Masa Depan Pendidikan Inovasi dan Kewirausahaan”

Pada hari pertama, Senin 6 Februari 2017 diagendakan kompetisi Idea Pitching dimana para peserta merupakan finalis Ideation Award. Acara dilanjutkan dengan Pelatihan Business Prototyping pada hari Selasa, 7 Februari 2017 dan pada hari ketiga, 8 Febrari 2017 diadakan Launching Akselerasi Inovasi dan Awarding.

Ideation Award merupakan ajang kompetisi ide yang diikuti oleh mahasiswa dari perguruan tinggi partner Akselerasi Inovasi melalui Program Ideation akselerasi.id. Masing-masing perguruan tinggi mengajukan 5 project mahasiswa untuk selanjutnya diseleksi sehingga terpilih 10 finalis Ideation Award yaitu:

10 tim terbaik mendapat kesempatan untuk mempresentasikan ide inovasinya dihadapan juri dalam acara Idea Pitching. 5 project terbaik berkesempatan memperoleh fasilitasi pendanaan dan pendampingan dari Akselerasi Inovasi untuk mengembangkan ide menjadi produk.


Di hari kedua, peserta dan dosen pendamping akan memperoleh pelatihan Pelatihan Business Prototyping. Pelatihan ini ditujukan agar peserta dapat menindaklanjuti project dengan lebih baik, bagaimana mengembangkan ide menjadi prototipe bisnis dengan pendekatan customer development, melakukan uji masalah dan uji solusi serta menemui calon customer untuk memperoleh masukan sesuai kebutuhan customer. Di akhir sesi pelatihan, peserta akan mempresentasikan perbaikan project berdasarkan hasil masukan juri disaat idea pitching dan hasil pelatihan.


Hari terakhir Forum Akselerasi Inovasi ditutup dengan acara seminar, awarding dan launching. Seminar akan menghadirkan pembicara:

  • Dr. Bima Arya Sugiarto* (Walikota Bogor) dengan tema Peranan Pemkot dalam menumbuhkan ekosistem Inovasi dan kewirausahaan di daerah
  • Dr. Wihatmoko Waskitoaji (Ka Sub Dit Pengembangan Sistem dan Jaringan Inovasi) dengan tema Kebijakan Penguatan Inovasi di Daerah
  • Yansen Kamto* (CEO Kibar Kreasi Indonesia) Membangun Ekosistem untuk Melahirkan Technopreneur

Dalam acara awarding akan diberikan penghargaan kepada 5 project terbaik hasil Idea Pitching dan penghargaan untuk mitra Akselerasi Inovasi yang telah bersama-sama mengembangkan dan memajukan technopreneurship di Perguruan Tinggi.


Selama 10 tahun Akselerasi Inovasi IPB (RAMP-IPB) terus berupaya mendidik dan melahirkan technopreneur baru melalui beragam pelatihan mulai dari penumbuhan ide, pengembangan prototipe, melahirkan usaha baru, perbaikan kurikulum technopreneurship di perguruan tinggi dan program-program lain terkait penguatan ekosistem technopreneurship di Indonesia. Untuk memperluas jangkauan program, Akselerasi Inovasi meluncurkan akselerasi.id, sebuah platform online yang mendorong terjadinya interaksi antara inovator, mentor, dan pemangku kepentingan lainnya. Platform online akselerasi.id diharapkan dapat memfasilitasi transformasi ide menjadi sebuah startup berbasiskan teknologi melalui tiga tahapan yaitu ideation, prototyping, dan mentoring.

*dalam konfirmasi