Register Confirmation

Already registered ?

No

REGISTER NEXT PROGRAM

AKSELNEWS

Forum Akselerasi Inovasi - Launching dan Awarding
By Admin Akselerasi Inovasi Posted 10 Feb, 2017

Bertempat di IPB International Convention Center Bogor, Forum Akselerasi Inovasi diselenggarakan oleh Akselersi Inovasi (RAMP IPB) pada tanggal 8 Februari 2017. Acara dengan tema “Merajut Masa Depan Pendidikan Inovasi dan Kewirausahaan” bertujuan untuk menghimpun inovator, mentor, investor dan pemangku kepentingan bersama-sama memajukan inovasi dan kewirausahaan di Indonesia. Dalam agenda sebelumnya, pada tanggal 6 dan 7 Februari 2017 telah dilaksanakan idea pitching dan pelatihan business prototyping yang diikuti oleh mahasiswa terpilih dari perguruan tinggi mitra Akselerasi Inovasi yaitu IPB, Universitas Brawijaya, Universitas Jember, Universitas Lambung Mangkurat dan Universitas Padjadjaran.


Sebagai acara puncak Forum Akselerasi Inovasi diadakan expo produk mahasiswa peserta Idea Pitching, seminar, launching dan awarding. Acara dibuka oleh Kasubdit Akselerasi Inovasi IPB, Dr. Aji Hermawan, beliau memberikan pemaparan perjalanan RAMP IPB selama 10 tahun dibidang inovasi dan technopreneurship yang telah banyak menginspirasi akademisi dalam menumbuhkembangkan inovasi dan telah menghasilkan alumni berprestasi. Keberhasilan ini tidak lepas dari dukungan perguruan tinggi dan mitra RAMP IPB serta partisipasi aktif dari mahasiswa. Diharapkan kerjasama apik yang telah terjalin akan semakin erat dan bermanfaat.

Hadir sebagai pembicara utama Dr. Wihatmoko Waskitoaji (KaSubDit Pengembangan Sistem dan Jaringan Inovasi Kemenristekdikti) dengan tema Kebijakan Penguatan Inovasi di Daerah. Dalam ceramahnya, Dr. Wihatmoko menekankan pentingnya peranan industri, akademi dan pemerintah dalam kerangka sistem inovasi nasional. Banyak Inovasi ‘tersungkur’ di ‘Valley of Death’ untuk itu “Supply” dan “Demand” dalam Inovasi dan Teknologi perlu dipertemukan. Saat ini baru 8 dari 1000 inovasi yang berhasil menjadi bisnis yang menguntungkan. Sistem Inovasi Daerah yang selanjutnya disingkat SID adalah interaksi secara koheren dalam satu sistem untuk menumbuhkembangkan inovasi yang dilakukan antar institusi pemerintah, pemerintahan daerah, lembaga kelitbangan, lembaga pendidikan, lembaga penunjang inovasi, dunia usaha, dan masyarakat lainnya di daerah.


Alumni RAMP IPB yang diwakili oleh Hadi Apriliawan, Andy Suryansyah dan Nova Suparmanto membagikan cerita awal mula bergabung dan memperoleh fasilitasi RAMP IPB hingga saat ini telah berhasil mewujudkan ide inovasinya menjadi sebuah bisnis yang menjanjikan. Dalam testimoni-nya, alumni juga memberikan motivasi kepada peserta idea pitching agar fokus dan tidak mudah menyerah. Mitra RAMP IPB yang diwakili oleh Bapak Anas Bunyamin dari Universitas Padjadjaran, Ibu Herlina dari Universitas Jember, Ibu Fatimah dari BLST IPB dan Ibu Setyowati dari Yayasan INOTEK turut membagikan testimoni kepada peserta seminar bagaimana kemitraan yang telah dijalin bersama RAMP telah melahirkan inovator-inovator muda dari bangku kuliah.

 

Dr. Elisa Anggraeni mewakili Akselerasi Inovasi IPB melakukan launching Akseleras Inovasi, dalam sambutannya beliau menyampaikan maksud dan tujuan perubahan RAMP IPB menjadi Akselerasi Inovasi. Akselerasi Inovasi hadir dalam bentuk fisik dan online, dengan tagline "We Facilitate Transformation of Ideas Into Startup" diharapkan dapat memberikan jalur bagi para calon technopreneur muda untuk mengembangkan idenya, merealisasikannya dalam bentuk prototype dan mengembangkan start up baru yang diharapkan akan terus berkembang. Setelah 10 tahun RAMP IPB bersama mitra merintis dan menumbuhkembangkan technopreneurship di perguruan tinggi diharapkan rajutan yang telah terjadi dan akan terus terjalin menjadi sebuah ekosistem yang sehat untuk tumbuhnya inovator dan technopreneur baru.

Acara ditutup dengan pemberian penghargaan kepada mitra dan penghargaan kepada 6 project terbaik hasil Idea Pitching yaitu:
•    Archipelago Coffee : Anan Purwaditama (IPB)
•    Atfire : M. Ali Dofir (Universitas Brawijaya)
•    May Food Co : Andi Setiawan (Universitas Brawijaya)
•    Pembuatan Adsorben menggunakan Keritin Bulu Itik : Dwi Nurwijayanti (Universitas Lambung Mangkurat)
•    Pregnajoy : Q Ahmad Riza Z (IPB)
•    Pemanfaatan Kelakai sebagai Alternatif Pembuatan Nori : Ade Kurniawan (Universitas Lambung Mangkurat)

Ke-enam pemenang selanjutnya akan memperoleh fasilitasi pendanaan dan pendampingan dalam Program Prototyping.

Maju terus inovasi dan kewirausahaan!

----------------------------------------------------------

Kunjungi Fanpage FB Akselerasi Inovasi untuk foto-foto acara selengapnya: