Register Confirmation

Already registered ?

No

REGISTER NEXT PROGRAM

OUR PROJECT

PEMANFAATAN KELAKAI (Stenochlaena palustris) SEBAGAI BAHAN ALTERNATIF PEMBUATAN NORI
By Ade Kurniawan Posted 14 Jan, 2017

ABOUT THE PROJECT

Proyek ini dilaksanakan mengingat banyaknya impor rumput laut jenis Porphyra hanya untuk membuat nori tetapi luasnya lahan gambut di pulau Kalimantan khususnya Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah juga menyimpan potensi yaitu suatu tanaman yang di sebut oleh warga lokal sebagai kelakai (Stenochlaena palutris) yang memiliki kandungan tinggi terhadap vitamin dan minela yang diperlukan tubuh dapat menjadi bahan alternatif pembuatan nori.


PROJECT INTEREST

Produk yang kami tawarkan ini merupakan kearifan lokal dari pulau Kalimantan yang sebagian adalah lahan gambut, disamping itu produk ini juga dapat mengurangi impor rumput laut jenis Porphyra sebagai bahan baku utama pembuatan nori.


OUR TEAM

Saya Ade Kurniawan sebagai ketua kelompok memegang peran sebagai designer dan penulis, Kemudia rekan saya Ahmad Syarifudin sebagai Creator dan Idea Owner dan rakan saya yang terakhir adalah Hadi Saputra sebagai operator produksi yang mengurusi produksi produk ini dari bahan baku menjadi produk yang siap jual.


OUR WISH

kami sangat mengharapkan adanya tindak lanjut terdapat ide ini agar Indonesia tidak lagi melakukan impor besar-besaran terhadap rumput laut jenis Porphyra tetapi dapat memanfaatkan potensi dalam negeri berupa tanaman yang sangat banyak tumbuh di lahan gambut mengingat di Indonesia banyak sekali mterhampar lahan gambut. kami juga mengaharapkan adalanya evaluasi dan bimbingan lebih lanjut terdapat proyek kami agar kedepan lebih baik dan memberikan perngaruh positif.


CHALLENGE OF THE PROJECT

Resiko yang kami hadapi adalah ketidak percayaan konsumen terhadap nori dengan bahan baku alternatif ini sehingga pemasarannya lebih terbatas pada lingkungan sekitar di Kalimantan Selatan, tantangan lain adalah belum adanya mesin otomatis untuk memproduksi nori dengan bahan baku kelakai dalam skala industri


VIDEO