Register Confirmation

Already registered ?

No

REGISTER NEXT PROGRAM

OUR PROJECT

Electro Shield System
By Romi Dwi Nanda Posted 18 Jan, 2017

ABOUT THE PROJECT

Electro Shield System, yaitu rancang teknologi sebagai alat bantu penangkapan ikan untuk mengurangi hasil sampingan (bycatch) ikan hiu dan dapat digunakan sebagai sistem keamanan pantai dari serangan ikan hiu. Pada penerapannya alat ini didesain portabel menggunakan daya baterai karena hanya membutuhkan daya  ±200 watt yang akan secara otomatis memancarkan arus di atas 0,01 mikrovolt/ meter yang diatur secara puls (kejut listrik) dan pada frekuensi lebih dari 50 Hz, karena pada keadaan arus tersebut hiu cenderung menganggapnya sebagai ancaman, sehingga akan menjauhi alat tersebut.  Adapun radius yang mampu dijangkau oleh Electro Shield System adalah sekitar 100 m. Aliran elektronik yang dipancarkan oleh Electro Shield System tidak akan berpengaruh pada ikan lainnya, terutama ikan yang menjadi tujuan penangkapan karena mereka tidak punya electroreseptor. Hiu yang berada di sekitar alat ini akan mampu merespon dengan cepat pancaran elektronik tersebut.

Ikan hiu merupakan biota laut yang dilindungi oleh Undang-Undang baik secara Nasional ataupun Internasional. Fungsi hiu sebagai key stone species menyebabkan Negara Indonesia Mengeluarakn Keputusan Presiden No. 43 Tahun 1978, tentang penetapan ikan hiu sebagai satwa yang dilindungi, sehingga ada pembatasan untuk semua jenis hiu untuk ditangkap, serta pelarangan untuk beberapa hiu untuk ditangkap. Akan tetapi dilain pihak, berdasarkan hasil laporan nelayan (non-oknum penangkap hiu illegal) menjelaskan bahwa hiu tertangkap karena ketidak senagajaan nelayan. Meski nelayan tidak sengaja menangkap hiu, akan tetapi sering kali mendapatkan teguran baik lisan atau tertulis terkait ditangkapnya hiu. Dari 116 jenis hiu dunia, 25 suku ditemukan di Indonesia. Sebagai pusat dari top predator ini menyebabkan Indonesia sering mendapat teguran dunia akibat kurang mampunya dalam mengelola ekosistem hiu. Manfaat untuk nelayan yaitu Electro Shield System akan mampu mengurangi bycatch hiu, namun tidak akan mengurangi hasil tangkapan nelayan. Sehingga nelayan akan terhindar dari sanksi akibat bycatch hiu. Selain itu industri pariwisata dituntut dapat menjamin keamanan dan kenyamanan bagi para wisatawan. Jaminan keselamatan manjadi hal penting yang harus di dapatkan bagi para wisatawan khususnya peselancar dari serangan ikan hiu. Sehingga apabila Electro Shield System ini diterapkan di pantai-pantai Indonesia akan menjadikan Indonesia sebagai negara pertama dan satu-satunya yang menjamin keselamatan surfer dan wisatawan akibat serangan hiu, sehingga dapat menarik wisatawan lokal maupun mancanegara lebih banyak lagi.

Inovasi kami sudah dilakukan penelitian uji coba secara langsung di laut dan terbukti hiu menghindar dari alat ESS ini. Sehingga Electro Shield System 100% layak diimplementasikan. Kami bekerjasama dengan KKP, LSM, dan Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia. Dari kerjasama kami akan mempermudah pengimplementasian alat Electro Shield System ini. Kami telah membuat manual book dan video tutorial pemakaian alat ESS ini agar masyarakat lebih memahami cara pemakaiannnya. Kami juga memberikan kartu garansi kepada pembeli apabila alat bermasalah dapat dilakukan perbaikan.


PROJECT INTEREST

1. Electro Shield System merupakan consertvation technology yang mampu menyelamatkan populasi hiu dari kepunahan dan menjaga stabilitas ekosistem laut Indonesia dan dunia 

2. Electro Shield System dapat dijadikan safety instrument nelayan ketika mencari ikan dan wisatawan yang berenang atau berselancar di pantai

3. Electro Shield Ssytem mampu mengurangi kejadian bycatch di perairan sehingga meminimalisir kerugian nelayan 


OUR TEAM

Kami adalah mahasiswa yang peduli terhadap nelayan dan kelestarian sumberdaya perikanan.

Peran:

1. CEO : Romi Dwi Nanda

2. Human Resource Development : M. Ali Dofir

3. Public Relation & Marketing : Galih Dandung Gumala Akbar


OUR WISH

Kami menharapkan ketiga pihak eksternal tersebut untuk membantu terwujudnya project ini menjadi lebih baik


CHALLENGE OF THE PROJECT

Resiko dan tantangan project kami yaitu adanya sebagian masyarakat yang menentang pengimplementasian ide ini karena mereka ada yang menganggap ikan hiu mahal bila dijual. Hal inilah yang perlu diluruskan bawasannya ikan hiu merupakan hewan yang dilindungi oleh pemerintah dan dunia. Untuk mengatasi hal ini maka kami bekerjasama dengan Pemerintah, LSM, dan Kelompok Nelayan. Dari kerjasama kami akan mempermudah pengimplementasian alat Electro Shield System ini.


VIDEO