Register Confirmation

Already registered ?

No

REGISTER NEXT PROGRAM

OUR PROJECT

Bon Jale (Abon Jantung Pisang dan Ikan Lele)
By Dedi Kurniawan Posted 20 Jan, 2017

ABOUT THE PROJECT

Produk yang dihasilkan ini dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan para konsumen yang kekurangan serat dan gizi, karena bahan yang digunakan untuk membuat abon tersebut berbahan dasar jantung pisang yang memiliki banyak kandungan serat didalamnya selain itu bahan lain yang digunakan adalah ikan lele yang banyak mengandung oemga 3. Konsep pemasaran produk Bon Jale memusatkan perhatian untuk menghasilkan produk yang dapat diterima konsumen serta dapat bersaing di pasaran, sehingga dalam hal ini sangat diperhatikan mengenai kualitas Bon Jale yang dihasilkan untuk memuaskan pelanggan. Kualitas yang harus diperhatikan yaitu terutama rasa yang enak dan konsisten serta harga yang terjangkau. Saluran distribusi pada usaha Bon Jale yaitu dengan menitipkan pada toko oleh-oleh dan warung makan. Selain itu, juga dilakukan penjualan secara online sekaligus sebagai promosi melalui media sosial untuk memudahkan pelanggan dalam bertransaksi.


PROJECT INTEREST

Produk Bon Jale merupakan produk baru hasil modifikasi dari produk sejenis yang telah banyak beredar di pasaran yaitu abon. Bedanya, Bon Jale merupakan abon lele yang disubstitusi dengan bahan nabati lokal yang masih belum banyak dimanfaatkan yaitu jantung pisang. Bon Jale merupakan makanan siap saji yang dapat dikonsumsi sebagai lauk atau  pendamping nasi yang sehat dan bergizi karena terbuat dari bahan alami yang banyak mengandung omega 3 dan serat. Dengan adanya produk ini diharapkan dapat meningkatkan konsumsi masyarakat terhadap ikan lele dan menambah nilai jual dari ikan lele dan jantung pisang yang masih belum banyak dimanfaatkan. Selain itu, dengan adanya produk ini juga dapat dijadikan sebagai makanan sumber protein, omega3, dan serat. Produk ini juga dapat dikonsumsi semua kalangan masyarakat mulai umur 5 tahun ketas, selain itu produk ini siap saji dan tahan lama serta dikemas dengan kemasan yang praktis sehingga cocok untuk masyarakat yang sibuk, misalnya wanita karier.  BON JALE juga ditambahkan beberapa rempah-rempah untuk membuat abon menjadi lebih enak. Dan BON JALE  diproses tanpa menggunakan bahan pengawet sehingga aman untuk dikonsumsi masyarakat dari anak- anak  sampai dewasa


OUR TEAM

Saya Dedi Kurniawan lahir 23 Juni 1995 di Lamongan. Kuliah di Universitas Jember Fakultas Teknologi Pertanian Jurusan Teknologi Hasil Pertanian yang sedang menempuh semester 6. Peran saya dalam usaha ini sebagai ketua team, saya dalam menjalankan usaha ini dibantu oleh beberapa rekan saya yaitu Tasnim Anifah sebagai kepala produksi, Dwi Hidayani sebagai bendahara, Awi Metalisa bagain pemasaran dan pujiati sebagai qualiti control. Usaha yang kami jalankan ini nantinya akan mencoba merekrut karyawan untuk memajukan usaha yang kami kembangkan.


OUR WISH

Produk ini kami harapkan dapat diterima dan dikonsumsi oleh masyarakat secara luas. Ide atau produk yang kami tawarkan ini cukup inovatif karena di pasaran masih belum ada produk abon yang disubstitusi dengan bahan lain terutama bahan nabati yang juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh, sehingga kami mengharapkan dengan adanya program ini dapat membantu mengenalkan dan mengembangkan produk kami secara luas, sehingga produk kami nanti dapat bersaing dengan produk abon lainnya. 


CHALLENGE OF THE PROJECT

Selama menjalankan usaha ini, pasti terdapat tantangan yang harus dihadapi diantaranya yaitu harga bahan baku dan bumbu pelengkap terkadang tidak stabil, terkadang harga melambung tinggi sehingga juga mempengaruhi produksi Bon Jale.  Selain itu meskipun Bon Jale merupakan produk baru, produk kami bersaing ketat dengan produk-produk abon lain yang sudah beredar di pasaran. Maka dari itu, produk BON JALE  akan terus dikembangkan agar dapat bersaing lebih baik dari produk-produk yang sudah ada.


VIDEO