Di Shannon College of Hotel Management, Irlandia, proses pembelajaran menekankan dua hal; kursus teori dan kursus praktik.
YULIANY Fahra Putri ingat benar saat kali pertama tiba di Shannon College of Hotel Management, Irlandia. Bersama 11 penerima beasiswa –Indonesian International Mobility Awards for Vocational Students (IISMAVO)– lainnya, mereka mencoba berbaur dengan mahasiswa lokal dan internasional di lingkungan baru.
Dalam kelas, Yuli -sapaannya– ditempatkan di Grup Dezaly yang terdiri dari 19 mahasiswa –3 diantaranya penerima beasiswa IISMAVO termasuk Yuliany Fahra Putri. “Karena saya sekelas dengan mahasiswa lokal, saya harus beradaptasi dengan bahasa, lingkungan, budaya, dan orang-orang di sekitar saya,” kenangnya.
Belajar di Shannon College of Hotel Management, baginya, adalah kesempatan luar biasa. Ia bisa mempelajari bagaimana melayani dan mengelola hotel dengan standar bintang lima. Dalam kelas teori, Yuliany Fahra Putri mempelajari 6 mata kuliah. Diantaranya Introduction to Management Accounting, Principles of Management, Intercultural Communication, Information Technology Theory, Academic Writing, and Irish Culture.
Sedangkan di kelas praktikum, ia mempelajari 5 keterampilan. Seperti, Information Technology, Accommodation Services, Skills for Work Life, Culinary Kitchen, dan Restaurant Services (simak penjelasan Yuliany Fahra Putri di bawah berita).
“Semua kelas praktikum adalah tantangan yang menarik bagi saya, terutama kelas praktikum Kitchen. Sebagai mahasiswi yang belum pernah belajar tentang dapur profesional sebelumnya, ini menjadi salah satu tantangan terbesar saya,” katanya. (*)
5 Kelas Praktikum di Shannon College of Hotel Management, Irlandia
1. Information Technology
Mengoperasikan Microsoft Office secara lebih mendetail. Materi Microsoft Word mempelajari fitur-fitur lanjutan. Seperti pembuatan dokumen formal, pengaturan tata letak, dan penggunaan template. Microsoft Excel mempelajari menggunakan pelbagai rumus dan formula untuk mengelola data, membuat grafik, serta mengolah laporan keuangan sederhana. Microsoft Power Point, mendesainpresentasi yang menarik dengan animasi dan elemen visual yang profesional.
2. Accommodation Services
Letak Shannon College of Hotel Management berdekatan dengan Park Inn Hotel. Saat praktik, hotel kami langsung mengelola fasilitas dan amenitas kamar tamu. Di Park Inn Hotel, kami mempelajari standar kebersihan kamar hotel sesuai regulasi industri perhotelan. Kami juga melakukan house keeping seperti menata tempat tidur, mengganti linen, membersihkan kamar mandi, menyiapkan amenitas tamu seperti handuk, perlengkapan mandi, dan alat kebersihan lainnya.
3. Skills for Work Life
Mengembangkan keterampilan profesional untuk persiapan karier. Pembuatan CV: Menulis CV yang menarik dengan format profesional dan isi yang sesuai dengan standar industri. Simulasi Wawancara:Berlatih menjawab pertanyaan wawancara kerja, memahami etikawawancara, dan meningkatkan kepercayaan diri saat berbicara di depan perekrut. Komunikasi Bisnis: Mempelajari cara menyusun email formal, bernegosiasi, dan membangun hubungan kerja yang baik.
4. Culinary Kitchen
Shannon College of Hotel Management juga memiliki restoran pribadi untuk kelas praktik Kitchen dan Restaurant Services. Di kelas ini, kami memasak untuk tamu di O’Regan Restaurant dengan standar perhotelan:
• Head Chef: Memimpin persiapan dan penyajia nmakanan dari awal sampaiselesai.
• Appetizer Chef: Menyiapkan hidangan-hidangan pembuka yang disajikan dalam porsi kecil. Seperti macam-macam soup.
• Main Course Chef: Membuat hidangan Utama dengan porsi paling banyak dan bergizi.
• Dessert Chef: Membuat hidangan penutup yang disajikan terakhir.
5. Restaurant Services
Melayani tamu di restoran dengan standar hotel bintang lima di O’Regan Restaurant.
• Waiter/Waitress: Mengambilpesanan, menyajikanmakanan dan minuman, serta memastikan kepuasan tamu.
• Bartender: Mempersiapkan dan menyajikan minuman beralkohol dan nonalkohol sesuai standar mixology.
• Maitre D’ (Kepala Pelayan): Mengaturalur pelayanan, mengkoordinasikan staf restoran, dan menangani keluhan tamu.
• Food Runner & Floater: Membantu kelancaran operasional restoran dengan mengantar makanan dari dapur kemeja tamu dan menjaga kebersihan area layanan.