Baca Juga

spot_img

Pemkab Kukar Bantu Nelayan di Kecamatan Muara Badak

AKSELERASI – Kepedulian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) di wilayah pesisir kembali dibuktikan. Kali ini, Wakil Bupati Kukar Rendi Solihin menyerahkan sejumlah bantuan peralatan untuk para nelayan di Kecamatan Muara Badak. Tepatnya di Toko Lima, Jalan Sulaiman Depan Dermaga Baru, Kelurahan Muara Badak Ilir.

Proses penyerahan bantuan secara simbolis tersebut dilakukan Minggu 22 Oktober 2023. Toko Lima sendiri diyakini sebagai kampung nelayan tertua di Kecamatan Muara Badak. Hal tersebut lantaran diyakini dari salah satu versi cerita asal muasal Kecamatan Muara Badak.

Melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kukar, Rendi Solihin menyerahkan 13 perahu fiber untuk Kelompok Usaha Bersama (KUB) Kapitan Muda, dan 2 juta bibit udang windu kepada kelompok Pembudidaya Inti Karya Bersama dan Tanjung Bersinar.

Wakil Bupati Kukar Rendi Solihin mengatakan, bantuan tersebut merupakan lanjutan dari program 25 ribu nelayan produktif yang menjadi bagian dari program Dedikasi Kukar Idaman. Sebulan lalu, ujarnya, juga telah dibagikan ratusan mesin dan perahu. Kini Pemkab Kukar kembali menyerahkan perahu fiber dan bibit udang 2 juta ekor.

“Program ini akan kami lanjutkan hingga 2024 nanti,” ujarnya. “Masih banyak bantuan yang akan kita berikan. Sekarang masih dipetakan kebutuhan yang diperlukan masyarakat. Ini merupakan bagian dari pelaksanaan RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, Red.) Kukar Idaman,” katanya.

Pemkab Kukar, lanjut Rendi Solihin, juga membuat penunjang hilirisasi pembudidaya rumput laut. Yakni sebuah pabrik rumput laut yang akan beroperasi di Kecamatan Muara Badak. Kebijakan ini dilakukan untuk menjamin hasil panen nelayan dan akan menjadi pemasok bagi pabrik tepung rumput laut nantinya.

Rendi Solihin berharap, semua hal tersebut akan meningkatkan perekonomian pembudidaya rumput laut sekitarnya. “Dengan pabrik sendiri nelayan rumput laut kita bisa mandiri,” tegasnya.

Sementara itu, Camat Muara Badak, Arpan, mengungkapkan rasa syukurnya atas perhatian Pemkab Kukar di bawah kepemimpinan Edi Damansyah-Rendi Solihin. Bgainya, sejak keduanya menjabat, banyak kebutuhan masyarakat yang dibantu. Terutama para nelayan.

Selain itu juga, Arpan memuji kebijakan Pmekab Kukar yang pro masyarakat. Diantaranya adalah pembangunan pelayanan dasar seperti rumah sakit, jembatan, dan saat ini untuk kesekian kalinya adalah bantuan untuk para nelayan.

“Ini tak lain untuk mewujudkan masyarakat sejahtera dan bahagia. Bantuan ini akan dimanfaatkan dengan baik sebagaimana harapan Pemkab Kukar,” akunya. (adv)

spot_img

Yuk Baca Juga

spot_img

Berita Terkait