Baca Juga

spot_img

Ini Dia 9 Atlet Kempo Kukar yang Berjaya di World Taikai

AKSELERASI – Sembilan atlet kempo dari Kukar meraih hasil gemilang di World Taikai yang berlangsung di Tokyo, Jepang. Tergabung dalam kontingen Indonesia, para atlet kempo Kukar bersaing melawan 41 negara.

Kontingen Indonesia sendiri menurunkan 153 Kenshi dan mengikuti 19 nomor pertandingan. Hasilnya, kontingen Indonesia meraih 4 emas, 3 perak dan 5 perunggu. Dari total medali tersebut, atlet kempo Kukar Kukar menyumbang 2 medali emas, 1 perak dan 2 perunggu.

Manajer Tim Kenshi Indonesia, sekaligus Wkail Bupati Kukar, Rendi Solihin, menerangkan 9 atlet kempo Kukar itu adalah Aviva Amelia Iskandar dan Dinda Rizki Amalia yang tampil sebagai juara 1 Embu Pasangan Kyu Kenshi Putri, Gadang Mulyane Gusti (Juara 1 Tandoku Kyu Kenshi Putra), Nur Indah Ekayanti dan Yulia Sari (Juara 2 Embu Pasangan 2 dan Putri), Putra, Revy Pratama Syam dan Erik Syahputra (Juara 3 Embu Pasangan 3), serta Didi Rahim Ramadhan dan M. Fatur Rahman (Juara 3 Embu Pasangan Kyu Kenshi Putra)

“Raihan medali atlet Kukar untuk Indonesia pada kejuaraan dunia ini melebihi target Bahkan sangat disyukuri bisa meraih juara umum ke 2 untuk Indonesia,” katanya, saat baru mendarat di Jakarta dari Tokyo, Senin (16/10/23).

Kedepan, Ucap Rendi Solihin, Kukar siap jadi tuan rumah untuk ajang kempo nasional maupun internasional. Pihaknya sudah membangun komunikasi dengan pihak terkait agar tahun depan Kukar bisa jadi tuan rumah kejuaraan kempo nasional maupun internasional.

“Ini untuk memotivasi pemuda Kukar khususnya, bahwa anak-anak daerah bisa berprestasi untuk Indonesia di kejuaraan dunia. Pembinaan ini akan terus berjalan berkelanjutan,” ujarnya.

Seperti diketahui, tim kempo Kukar yang berlaga di Jepang terdiri dari 30 atlet, 5 official, dan 6 pelatih. Rombongan dilepas Sekda Kukar H Sunggono di Ruang Serba Guna Kantor Bupati Kukar, Selasa (3/10/2023) lalu.

Atlet yang mengikuti kejuaraan kempo di Tokyo Jepang ini telah melewati beberapa tahapan. Sementara itu prestasi yang telah diraih kemarin adalah lolos pada kualifikasi PON XXXI/2024. Sementara untuk kempo kelas junior secara nasional Kukar mendapatkan rangking 2.

Event di Jepang ini tidak hanya mengikuti kejuaraan saja namun juga mengikuti peningkatan kualitas, kegiatan lain yaitu study session yang dilaksanakan selama 3 hari yang diikuti pelatih dan para atlet dan dilaksanakan ujian naik tingkat. (adv)

spot_img

Yuk Baca Juga

spot_img

Berita Terkait