Baca Juga

spot_img

Jalan di Bontang Lestari Masih Banyak Yang Rusak, Begini Tanggapan Dewan

AKSELERASI – Banyaknya jalan rusak di kawasan Bontang Lestari menjadi sorotan anggota dewan khususnya Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bontang.

Menanggapi persoalan tersebut DPRD menggelar rapat kerja bersama Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota (PUPRK) dan Badan Penelitian dan Pengembangan (Bapelitbang) Selasa, (09/08/2022) Ruang Rapat DPRD Bontang.

Kabid Bina Marga Dinas PUPR Anwar Nurddin mengungkapkan bahwa titik kerusakan di Jalan Soekarno Hatta ada 73 titik sementara pihaknya hanya bisa menangani 58 titik saja. Penanggulangan itu menggunakan desain lama dengan sistem rehab

” Anggarannya menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp, 4 Miliar dan dalam Kontrak yang di setujui Rp. 3,6 Miliar ,dengan kontruksi yang ada di lokasi,” urai Anwar.

Wakil Ketua Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bontang Abdul Malik tanyakan anggaran serta kualitas perbaikan jalan pada Dinas PUPRK .

” Kami ingin mengetahui anggarannya berapa, sampai saat ini kenapa masih banyak jalan rusak,”ujarnya

Abdul Malik juga mengatakan bahwa persoalan kekurangan anggaran Dewan bersedia membantu memintakan kekurangan anggaran ke pusat.

Namun, Abdul Malik melihat Dinas PUPRK tidak serius menjalankan fungsi pengawasan terkait kendaraan besar seperti truk yang bermuatan lebih juga rehab yang dilakukan dianggap kurang efektif.

” Kami sering melihat bahkan menegur langsung kendaraan, Rehab jalan yang di lakukan di Bontang Lestari,menurut kami kurang efektif ,” ujar Abdul Malik.

Abdul Malik juga meragukan bahwa Dinas PUPRK punya program perencanaan pembangunan untuk peningkatan kelas badan jalan di Bonles. Ia mengatakan sudah seharusnya Dinas PUPRK memiliki Program perencanaan pembangunan.

” Apakah PUPRK sudah ada perencanaan program , jika tidak ada program itu sayang sekali,” Katanya.

Abdul Malik mengaku ingin mempertegas dan memastikan review redesain itu nyata adanya, dan jika benar seharusnya jalan akan mulus kedepannya. Karenanya Dewan akan jadwalkan Presentase perencanaan redesain review Redesainnya.

spot_img

Yuk Baca Juga

spot_img

Berita Terkait