Baca Juga

spot_img

Kelurahan Baru Gelar Pelatihan untuk Balakarcana

AKSELERASI – Pelatihan bagi anggota Barisan Sukarelawan Kebakaran dan Bencana (Balakarcana) digelar Kelurahan Baru, Kecamatan Tenggarong, Kutai Kartanegara (Kukar).
Inisiasi ini sebagai upaya mengantisipasi dan mengurangi bencana kebakaran yang terjadi di musim kemarau di Kelurahan Baru.

Lurah Baru Bayu Ramanda Banu Nugraha mengatakan barisan sukarelawan yang berasal dari anggota struktural Basarnas tersebut sudah terbentuk sejak lima tahun lalu.

Dengan pelatihan itu, Bayu Ramanda Banu Nugraha mengharapkan para relawan memiliki kemampuan handal sebagai garda terdepan dalam menanggulangi kebakaran bencana di Kelurahan Baru.

“Pelatihan ini selaras dengan visi misi kami di kelurahan, yaitu memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat. Salah satunya yaitu memfasilitasi masalah sosial,” ujar Lurah Bayu Ramanda Banu Nugraha, Rabu 4 Oktober 2023, kemarin.

Dia menyatakan, selain menangani masalah kebakaran, para relawan nantinya bakal terlibat dalam penanggulangan bencana banjir. Terutama untuk membantu penanganan banjir di daerah rawan seperti Tambak Rel. Bayu Ramanda Banu Nugraha mengungkapkan, beberapa waktu lalu pihaknya telah mengajukan pengadaan mobil operasional bantuan kebakaran kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar.

Mobil operasional itu pun diberikan oleh Pemkab Kukar sebagai kendaraan atau pertolongan pertama dalam menangani musibah kebakaran. “Kemarin kami usulkan ke Pemkab terkait pengadaan mobil emergency kebakaran. Alhamdulillah diberikan dan langsung saya uji coba,” tutupnya. (adv/diskominfoKukar)

spot_img

Yuk Baca Juga

spot_img

Berita Terkait