Baca Juga

spot_img

Pemprov Diminta Perhatikan Petani di Kubar dan Mahulu

AKSELERASI – Pemprov Kaltim diminta memberikan atensi khusus kepada petani. Khususnya di dua kabupaten, yakni di Kubar dan Mahulu. Hal ini dilakukan sebagai bentuk komitmen Pemprov Kaltim dalam sektor pertanian, terutama rencana swasembada pangan.

“Tujuannya agar kita tidak lagi bergantung pada daerah lain dalam kebutuhan pangan,” kata Anggota Komisi I DPRD Kaltim, Marthinus.

Dia mengungkapkan, para petani di Kubar dan Mahulu sering kali mengeluh karena kurangnya alat pertanian di daerah mereka.

“Seharusnya Pemprov Kaltim bisa lebih memperhatikan para petani di Kubar dan Mahulu. Salah satunya, memberi dukungan alat-alat pertanian seperti exavator, jonder, handtractor, mesin gilingan padi dan perontok padi,” jelasnya.

Para petani di dua Kabupaten tersebut, urai Marthinus, mengharapkan bantuan Pemprov Kaltim terkait alat pertanian hingga bantuan bibit unggul pertanian. “Seperti jagung, lada, kopi, dan karet,” ujarnya.

Selain itu mereka berharap kepada Pemprov Kaltim memberikan bantuan berupa pupuk hayati cair bersubsidi setiap tahunnya. “Ini untuk mengatasi membantu kelangkaan pupuk di Kubar dan Mahulu,” paparnya.

Hal lainnya yang diperlukan, sambung Marthinus, adanya peremajaan dan perluasan perkebunan karet di daerah tersebut. Penyuluhan secara rutin juga diperlukan untuk petani di Kubar agar kualitas SDM petani terus meningkat.

“Apalagi, harga karet di Kubar terhitung sangat rendah. Makanya kami minta agar Pemprov Kaltim bisa memperhatikan atau merespon permintaan dan keluhan petani, sehingga hasil dan kualitas panen perkebunan di Kubar maupun Mahulu semakin meningkat,” tukas Marthinus. (adv)

spot_img

Yuk Baca Juga

spot_img

Berita Terkait