Baca Juga

spot_img

Hasil Verifikasi Dinsos Kukar, Ada 6.000 KPM

AKSELERASI – Dinas Sosial (Dinsos) Kutai Kartanegara (Kukar) melakukan verifikasi dan validasi untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dari Pemerintah Pusat. Hasilnya, ditemukan 6.000 KPM yang masuk dalam data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE).

Kepala Dinsos Kukar Hamly, mengatakan verifikasi dan validasi ini merupakan bagian dari program penanganan kemiskinan ekstrem di Kukar. “Secara detail di lapangan, itulah sasaran kita untuk berikan bantuan sembako manakala mereka masuk data P3KE,” katanya.

Dengan program ini, Hamly berharap bisa segera menekan angka kemiskinan ekstrem di Kukar. Sebab sesuai Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 4 tahun 2022, setiap daerah wajib melakukan penganggaran untuk menyasar ribuan penerima bantuan. Sesuai dengan target Pemerintah Pusat, 2024 bebas atau nol persen kemiskinan ekstrem.

Disamping itu, Hamly menerangkan, penanganan kemiskinan ekstrem tidak hanya menjadi tugas Dinsos Kukar saja. Namun semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) mendapat tugas serupa dengan masing-masing programnya menyentuh keluarga miskin. Untuk Dinsos Kukar sendiri, akan memberikan bantuan berupa sembako. Di antaranya, dalam bentuk beras, minyak, telur dan gula.

Hamly menjelaskan, hal ini berbeda lagi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) teknis lainnya. Contoh disektor perikanan dengan memberikan bantuan subsidi kepada para nelayan dan pembudidaya ikan. Di sektor pertanian, memungkinkan dengan memberikan bantuan pupuk dan sebagainya. Disesuaikan dengan program masing-masing OPD.

“Bantuan yang disalurkan oleh Dinsos Kukar tidak sampai 1.000 KPM, yang lainnya diintervasi oleh dinas lain. Anggaran yang diperuntukan sekitar Rp 3 miliar,” terang Hamly. (adv)

spot_img

Yuk Baca Juga

spot_img

Berita Terkait