Baca Juga

spot_img

Sekda Kukar Jadi Mentor Tiga Kepala Dinas

AKSELERASI – Sekretaris Daerah (Sekda) Kutai Kartanegara (Kukar) Sunggono menjadi mentor di Seminar Implementasi Proyek Perubahan Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II Angkatan XII Tahun 2023. Acara tersebut berlangsung di Pusat Pelatihan dan Pengembangan dan Kajian Desentralisasi dan Otonomi Daerah Lembaga Administrasi Negara (Puslatbang KDOD-LAN), Kota Samarinda.

Adapun peserta pelatihan yang dimentori oleh Sunggono adalah Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kukar Bahari Joko Susilo, Arfan Boma Pratama Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kukar, serta Maman Setiawan Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kukar.

Sunggono mengatakan, keberadaan ketiga kepala dinas tersebut sampai di tahapan ini setelah melalui diskusi yang mendalam untuk kepentingan Kukar. Misalnya, Bahari Joko yang membuat inovasi untuk memaksimalkan dan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kukar.

“Di era kami, setiap tahun dibuat komitmen pencapaian kinerja para stakeholder demikian juga dalam hal PAD, bahkan hingga ke tingkat desa untuk memastikan pajak di desa berjalan baik,” ujarnya.

Lalu inovasi inovasi dari Arfan Boma, yakni terjemahan program dedikasi Kukar Idaman yakni hilirisasi produk pertanian. Diantaranya, rumput laut yang akan diolah bukan hanya dari Muara Badak dan sekitarnya tapi juga dari Kota Bontang.

Pengolahan rumput laut di Muara Badak ini akan berbasis Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), untuk memberdayakan masyarakat setempat. Bangunan gudangnya sudah ada tinggal melengkapi mesinnya.

Sementara untuk inovasi Maman Setiawan yakni penataan kawasan yang akan mempercantik kawasan bantaran sungai Kota Tenggarong. “Kami menaruh harapan besar inovasi apa yang ada ini dapat terlaksana, terimakasih kepada peserta dari Kukar yang sudah mampu menerjemahkan apa yang Pemda inginkan dengan baik,” harapnya.

Kepada coach dan mentor, Sunggono mengucapkan terima kasih dan mengucapkan selamat kepada tiga Kepala OPD Kukar. Kata Sunggono, inovasi- inovasi baru yang mereka buat itu benar-benar menggambarkan seperti apa tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) dalam rangka mempercepat capaian target pembangunan daerah.

“Mereka selama ini sudah berkomunikasi dengan baik dengan kami maupun dengan tim efektifnya, sehingga hasil kerja mereka itu benar-benar sudah sesuai dengan apa yang diharapkan, khususnya dalam rangka mencapai visi-misi Kepala Daerah,” tukasnya. (adv/diskominfokukar)

spot_img

Yuk Baca Juga

spot_img

Berita Terkait