Baca Juga

spot_img

Kunker ke Desa Rempanga, Seno Aji Monitoring Kebijakan Pertanian

AKSELERASI – Kunjungan kerja dilakukan Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kalimantan Timur, Seno Aji. Politisi Partai Gerakan Indonesia Raya itu melakukan menyambangi Desa Rempanga, Kecamatan Loa Kulu, Kabupaten Kutai Kartanegara.

Dalam kesmepatan itu, Seno Aji menggelar rapat bersama Unit Pelaksana Teknis Daerah Benih Induk Padi dan Palawijaya Rempanga, Dinas Pertanian Tanaman. Pangan dan Hortikultura Kabupaten Kukar.

Dari kunker itu, Seno Aji menuturkan, bermaksud melakukan monitor hasil dari kebijakan pertanian daerah untuk peningkatan produktivitas. “Kunjungan ini juga dalam rangka monitoring kebijakan pertanian di sektor palawijaya dan hortikultura Kaltim,” katanya. “Intinya kunker ini untuk memastikan UPTD bisa benar-benar menghasilkan benih yang terbaik,” tambah Seno Aji.

Dari hasil rapat tersebut, Seno Aji mengetahui bahwa UPTD BBI sudah memiliki teknologi baru bioreaktor. “Itu ahlinya dari IPB (Institut Pertanian Bogor, Red.) yang sudah diambil sebagai tenaga ahli di UPTD BBI,” ucapnya. “Hal ini cukup menggembirakan karena ternyata mereka sudah membuat demplot dalam satu kali panen kurang lebih sekitar 6,5 sampai 7 ton per hektare,” jelas Seno Aji.

Dengan hasil ini dia berharap, Pemerintah Provinsi Kaltim benar-benar memperhatikan para tenaga ahli agar betah dan bisa mendorong Kaltim menjadi swasembada pangan di Indonesia.

“Setidaknya Kabupaten Kukar bisa menjadi swasembada pangan di Kaltim, dengan didukung luasnya lahan di Kukar kemudian air melimpah. Kami berharap swasembada pangan ini bisa terwujud, dan kami akan memberikan porsi anggaran yang lebih besar kepada UPTD BBI ini,” pungkasnya. (adv)

spot_img

Yuk Baca Juga

spot_img

Berita Terkait