Makanan Khas Kalimantan dan Cara Membuatnya, Bercita Rasa Unik (1)

Indonesia mempunyai beragam kuliner lezat dan selalu menggugah selera. Bahkan setiap daerah di Indonesia mempunyai makanan khas masing-masing yang kental dengan cita rasa menarik dan bumbu rempahnya. Tidak heran jika Indonesia merupakan salah satu negara dengan kekayaan kuliner menarik yang tidak pernah habis untuk dijelajahi.

AKSELERASI.ID – Salah satu makanan daerah yang menarik untuk dicoba adalah makanan khas Kalimantan. Dapat dikatakan makanan khas Kalimantan memiliki keunikan tersendiri dibandingkan makanan daerah lainnya. Salah satu keunikannya didapat dari bahan dasar makanan yang diolah. Bukan hanya itu, salah satu dari beberapa makanan khas Kalimantan berikut bahkan sudah ada sejak Kerajaan Kutai zaman dahulu.

Bagi Anda yang penasaran, makanan khas Kalimantan apa saja yang memiliki cita rasa unik dan patut untuk dicoba. Boleh saja jika Anda berkunjung ke beberapa daerah di Kalimantan mencicipi langsung setiap makanan khasnya. Namun tidak perlu khawatir, jika terlalu jauh Anda dapat membuatnya sendiri di rumah.

Berikut makanan khas Kalimantan dan cara memasaknya yang mudah dan dapat Anda praktikkan;

Juhu Umbut Rotan
Juhu Umbut Rotan merupakan salah satu makanan khas Kalimantan Tengah. Makanan ini terbuat dari bahan dasar pangkal rotan yang masih muda, dan memiliki tekstur seperti rebung. Biasanya bahan dasar rotan ini diolah menjadi hidangan berkuah, baik dimasak dengan menggunakan santan maupun tanda santan. Berikut adalah cara mengolahnya.

Bahan:
1 kg umbut rotan
1 ruas kunyit dan laos, memarkan
3 lembar daun salam
6 gelas santan cair
2 gelas santan kental

Bumbu halus:
1 sendok teh ketumbar
1 sendok teh garam
2 siung bawang putih
6 siung bawang merah
Garam secukupnya

Cara membuat:
– Sebelum tunas rotan ini dimasak, duri-duri pada batang rotan dibuang terlebih dahulu.
– Cuci bersih umbut rotan, iris kecil sesuai selera, rendam dalam air bersih dan tiriskan.
– Haluskan semua bumbu halus.
– Didihkan air dan masukkan umbut rotan.
– Masukkan juga kunyit dan laos yang telah dimemarkan serta daun salam.
– Tuangkan santan cair dan kental.
– Diamkan dalam api kecil hingga rotan matang dan bumbu meresap. (*)