Baca Juga

spot_img

Uji Hardana Ungkap Cikal Bakal Program Makan Siang Gratis

AKSELERASI – Program makan siang gratis yang dikampanyekan presiden dan wakil presiden terpilih, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, ternyata bukan hal baru. Pasalnya, sejak 2016, hal tersebut sudah diimplementasikan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Kutai Kartanegara (Kukar). Tepatnya melalui sayap partai, Kesehatan Indonesia Raya (Kesira) Kukar.

Menurut dr Uji Hardana, mantan Ketua Kesira Kukar, saat itu program pemenuhan gizi untuk masyarakat direalisasikan lewat program Revolusi Putih dengan membagikan minuman susu secara gratis. Revolusi putih adalah pemikiran Prabowo dan Partai Gerindra untuk membangun anak bangsa yang sehat dan kuat, menjadikan susu sebagai konsumsi rakyat Indonesia setiap hari guna memenuhi kebutuhan protein demi pencegahan stunting.

Di program Revolusi Putih, ungkap dr Uji Hardana, dilaksanakan Kesira Kukar setiap menggelar Bakti Sosial (Baksos). Dana kegiatan ini sebagian ada yang bersumber dari dana aspirasi legislator Partai Gerindra yang ada di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kukar.

“Jadi dari Kesira hanya menyiapkan tenaga kesehatan dan untuk biaya konsumsi diambil dari dana aspirasi anggota DPRD Kukar dari Partai Gerindra untuk diberikan ke masyarakat setempat yang diperuntukan untuk konsumsi disaat acara bakti sosial tersebut,” sambung dr Uji Hardana.

Bakal calon wakil walikota Samarinda ini menyatakan, program makan siang gratis sangat bagus. Sebab, anak-anak usia sekolah jadi dipenuhi gizinya oleh negara. Makanya, jika dulu dilakukan oleh Partai Gerindra lewat program Revolusi Putih, maka kali ini dilakukan oleh negara lewat program makan siang gratis.

“Memang tujuannya memberikan susu gratis. Di program makan siang juga susu menjadi salah satu item kan,” ujarnya. “Selain pembagian susu saat baksos di masyarakat, kami juga mengadakan makan siang yang menunya terdiri dari daging dan ikan. Selain itu, masakan diolah dan dimasak oleh masyarakat dimana tempat kami melakukan baksos,” timpal dr Uji Hardana.

Sebagai informasi, Revolusi Putih sudah muncul sejak Pemilihan Presiden (Pilpres) 2009. Ketika itu Prabowo Subianto adalah calon wakil presiden yang berpasangan dengan Megawati Soekarnoputri sebagai calon presiden. Prabowo disebut sudah memulai gerakan ini di rumahnya di Bukit Hambalang, Kampung Gombong, Desa Bojongkoneng, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, yang juga terdapat lokasi peternakan kambing. Prabowo tak hanya memberikan susu kambing gratis, tapi juga biaya pendidikan. (fai)

spot_img

Yuk Baca Juga

spot_img

Berita Terkait