26 C
Samarinda
Rabu, Juli 28, 2021

Buy now

spot_img

Leonardo DiCaprio Senang Burung Pelanduk Kalimantan Ditemukan Lagi

Leonardo DiCaprio merepost postingan Global Wildlife Conservation di Instagram terkait kembali ditemukannya burung pelanduk Kalimantan super langka (Malacocincla perspicillata) setelah 172 tahun menghilang. Postingannya mendapat 354 ribu suka dan 1751 komentar pada Minggu (28/2) petang Waktu Indonesia Barat (WIB).

BURUNG pelanduk ini memang menjadi teka-teki dan misteri sejak ditemukan pertamakali pada pertengahan abad ke-19. Pasalnya, para ilmuwan bahkan tidak yakin di mana spesies itu berasal sampai hampir 50 tahun kemudian sejak ditemukan.

Ditemukan atau dicatat oleh sains dunia pertamakali pada 1848, baru pada tahun 1895, saintis meyakini bahwa spesies burung ini memang endemil Kalimantan, dan bukan Jawa seperti yang mereka duga sebelumnya.

“Penemuan kembali baru-baru ini akhirnya memastikan bahwa burung itu sebenarnya dari Kalimantan,” demikian terungkap dalam postingan yang direpost Leonardo DiCaprio.

Burung pelanduk Kalimantan (Malacocinla perspicillata). Foto: Muhammad Rizky Fauzan via Birding Asia

Burung super langka ini berhasil ditemukan berkat dua warga lokal yang secara kebetulan menemukan seekor burung yang tidak mereka kenali di provinsi Kalimantan Selatan pada 5 Oktober 2020.

Kedua warga tersebut, yang bernama Muhammad Suranto and Muhammad Rizky Fauzan, berhasil menangkapnya dan memotret burung itu. Setelah melepaskan kembali sang burung, mereka melaporkan penemuan itu ke kelompok pengamat burung setempat yang meneruskan pada pakar ornitologi.

Menurut Ding Li Yong, peneliti dari BirdLife International sekaligus salah satu penulis makalah yang mempublikasikan temuan burung pelanduk Kalimantan tersebut, menyebut bahwa penemuan ini membuktikan burung pelanduk Kalimantan tetap bertahan hidup meskipun terjadi deforestasi besar-besaran di pulau tersebut. Dia mengatakan, kehidupan burung pelanduk Kalimantan sedang di ujung tanduk karena kehilangan habitat mereka.

“Ahli ornitologi sekarang berharap dapat bekerja sama dengan badan pemerintah daerah di Indonesia untuk mempelajari spesies tersebut dan menentukan apakah spesies tersebut terancam punah,” kata Global Wildlife Conservation dalam postingan yang direspost Leonardo DiCaprio.

Leonardo telah lama menjadi salah satu bintang Hollywood yang mendidekasikan sebagian besar waktu dan kekayaannya untuk kelestarian lingkungan dan energi terbarukan. (*)

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
2,875PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles