Baca Juga

spot_img

Bagus Susetyo Desak Pemprov Realisasikan Bendungan Telake

AKSELERASI – Rencana pembangunan Bendungan Telake di Kecamatan Long Kali, Kabupaten Paser, didesak untuk segera direalisasikan. Hal ini katakan Bagus Susetyo, Anggota Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kalimantan Timur.

Dia menjelaskan, usulan pembangunan Bendungan Telake saat ini telah memasuki tahap Detail Engineering Desain atau DED. Kata Bagus Susetyo, dokumen desain teknis bangunan yang terdiri dari gambar teknis, spesifikasi teknis, spesifikasi umum, volume, serta biaya pekerjaan, perlu mendapatkan perhatian serius dari Pemerintah Provinsi Kaltim. “Sudah memasuki tahap DED. Kita tunggu realisasinya, karena ada banyak manfaat yang mampu diberikan dari pembangunan itu,” katanya.

Bagi Bagus Susetyo, Bendungan Telake akan mampu menopang sistem pengairan lahan pertanian di sejumlah wilayah. Diantaranya Kecamatan Babulu di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kecamatan Long Kali di Kabupaten Paser. Apalagi, jelasnya, kehadiran Ibu Kota Negara akan berpotensi terhadap urbanisasi masyarakat yang besar-besaran.

“Mestinya mulai sekarang Pemerintah Pusat harus mulai bergerak, meskipun 50 persen kebutuhan padi kering (gabah, Red.) itu sudah dicukupi dari lokal. Lonjakan peningkatan kebutuhan pangan sudah nyata akan terjadi,” tutupnya. (adv)

spot_img

Yuk Baca Juga

spot_img

Berita Terkait