Cerita Pindah Ibu Kota ke Kalimantan Timur: Dari Bung Karno ke Jokowi (3-Habis)

Mengganasnya wabah virus Corona di Indonesia pun menimbulkan pertanyaan publik apakah pemerintah tetap melanjutkan proyek ibu kota negara, atau berkonsentrasi penuh menangani kasus COVID-19 yang sudah masuk RI.

AKSELERASI.ID – Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Manoarfa menjelaskan, dalam kondisi seperti sekarang ini tidak ada pembangunan IKN secara fisik. Namun kajian kajian terus berlangsung. Dia menambahkan, pembangunan fisik akan ditinggalkan.

“Kalau yang sifatnya pekerjaan yang fisik tentu ditinggalkan sama sekali. Kami memahami bahwa isu ini menjadi agak misleading karena menganggap benar-benar IKN itu, terutama pekerjaan fisik akan dilakukan pada tahun-tahun ini, saya kira itu tidak,” paparnya dalam rapat kerja dengan Komisi XI, 6 Mei 2020.

Namun, ketegasan pemerintah menunda pembangunan IKN baru disampaikan Suharso pada 8 September 2020. Penundaan dilakukan karena pemerintah lebih memprioritaskan penyelesaian masalah pandemi Corona.

Hingga hari ini, pandemi COVID-19 pun belum berakhir. Namun, akhirnya pemerintah kembali mengumumkan proyek ibu kota baru dilanjutkan. Istana Presiden di ibu kota baru akan mulai dibangun pada tahun ini. Rencana itu diungkapkan oleh Suharso Monoarfa.

“Kita optimis mudah-mudahan Istana Presiden bisa di-groundbreaking pada tahun ini,” kata dia dalam rapat kerja dengan Komisi XI DPR RI, 17 Maret 2021.

Hal itu dapat terlaksana jika rancangan masterplan dan detail plan yang sudah disiapkan saat ini berjalan sesuai yang direncanakan. Setidaknya, Suharso optimis Jokowi bisa melaksanakan peringatan HUT RI pada 17 Agustus 2024 di ibu kota baru. “Tanggal 17 Agustus 2024 itu Presiden bisa melaksanakan, kita melaksanakan peringatan 17 Agustus di ibu kota negara yang baru,” jelas dia.

Bahkan, Suharso baru-baru ini melakukan kunjungan ke lokasi pembangunan istana negara di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Dia mengatakan target pembangunan ibu kota baru hingga 2024 mencakup pembangunan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) dengan sarana dan prasarana pendukungnya.

“Berada di lokasi titik nol ini, bersama-sama semua generasi, dari generasi tua, generasi muda, saya berharap hal ini dapat menjadi simbol bahwa Kementerian PPN/Bappenas tetaplah sebagai lembaga perencana pembangunan nasional yang memiliki akar kuat dan ibaratkan sebuah fondasi yang menghunjam ke bumi, ke IKN Baru ini,” kata Suharso dalam keterangan tertulis, Senin (12/4/2021) lalu. (*)