Baca Juga

spot_img

Dialog dengan Nelayan, Ini Respon Bupati Kukar

AKSELERASI – Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah melakukan dialog terbuka bersama sejumlah nelayan saat menyerahkan bantuan ke Gunung Benteng, Kelurahan Mangkurawang, Kota Tenggarong, Sabtu 7 Oktober 2023.

Dari dialog yang berlangsung singkat tersebut, nelayan bernama Abdul Wahab, dari Kelompok nelayan Loa Tebu Jaya meminta kepada Edi Damansyah agar para anggota kelompok nelayan bisa dilatih membuat badan ketinting atau perahunya sendiri sehingga tidak mencari keluar daerah mereka.

“Kalau bisa anggota kelompok kami diberikan pelatihan membuat badan ketinting jadi tidak membeli lagi ditempat lain, pilihlah beberapa orang dari kelompok yang bisa menguasai di bidang pertukangan untuk mengikuti pelatihan,” ucapnya.

Menanggapi permintaan tersebut Bupati Kukar Edi Damansyah meminta kepada Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kukar segera menindaklanjuti hal tersebut dengan melakukan pelatihan bagaimana cara membuat badan ketinting atau perahu. Sehingga para anggota kelompok mempunyai keahlian dan kegiatan sampingan selain menjadi nelayan.

“Silahkan kelompok ini diidentifikasi semua anggota kelompoknya yang memang jiwanya menjadi tukang pembuat badan ketinting atau perahunya. Jika tidak ada jiwanya di sana silahkan ikuti pelatihan,” ucapnya.

“Namun jika tidak ada jiwanya percuma dilatih akhirnya tidak menekuni itu. Untuk itu silahkan kumpulkan orang–orangnya kemudian dilatih hingga bisa membuat dan berhasil,” timpal Edi Damansyah.

Ditekankan olehnya, anggota kelompok harus warga pra sejahtera sehingga bisa dibina dan mendapatkan bantuan. Melalui Rukun Tetangga dan Lurah agar bisa mengecek kembali dan bisa melibatkan warga tersebut dalam kelompok.

Edi Damansyah sangat berharap partisipasi semua pihak baik yang sudah terbentuk maupun belum kelompoknya agar RT dan Lurah benar–benar memperhatikan warganya. “Karena bantuan hanya diberikan kepada kelompok bukan perorangan,” bebernya.

Sementara itu Kepala DKP Kukar Muslik mengatakan akan segera mempersiapkan pelatihan buat para nelayan yang ada di Kelurahan Loa Tebu dan Kelurahan Mangkurawang. Selanjutnya akan direncanakan pelatihan bagi nelayan Kukar termasuk bagaimana mengembangkan perahu–perahu yang ada dengan menggunakan bahan fiber, dimana akan mendatangkan pelatih dari orang–orang yang sudah mahir dalam pembuatannya.

“Pelatihan ini akan sangat berguna bagi mereka, kegiatan nelayan tidak dilakukan terus menerus akan ada jedanya disaat ada waktunya mereka akan bisa melakukan kegiatan pertukangan untuk membuat perahu,” terangnya. (adv/diskominfokukar)

spot_img

Yuk Baca Juga

spot_img

Berita Terkait