Baca Juga

spot_img

Kaltim Harus Punya Pusat Kesenian dan Kebudayaan

AKSELERASI – DPRD Kaltim akan mengagendakan hearing atau dengar pendapat dengan para pihak yang berhubungan dengan pemajuan kesenian, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Pariwisata, Taman Budaya, Kesbangpol dan Dewan Kesenian Daerah, dalam waktu dekat ini

Dikatakan anggota DPRD Kaltim Rusman Ya’qub, hearing itu diharapkan mampu mencari solusi segala persoalan yang terjadi di seputar dunia kesenian.

“Saya sudah lama mendengar banyak persoalan yang menghambat pemajuan kesenian Kaltim,” ujar mantan Ketua Komisi IV DPRD Kaltim kepada media ini, pekan lalu.

Rusman Ya’qub menyebut selama ini para seniman kesulitan mencari tempat pementasan seni yang representatif.

“Ada memang Taman Budaya, tapi tempat itu terkendala pemanfaatannya pada hari Sabtu dan Minggu yang digunakan untuk tempat kawinan,” terang Ketua Bapenperda DPRD Kaltim ini.

Idealnya memang Kaltim harus punya pusat kesenian dan kebudayaan yang dibangunkan pemerintah, sesuai dengan amanat Perda Pemajuan Kebudayaan yang baru ditetapkan DPRD Kaltim.

Dari aspirasi yang diserap dari masyarakat kesenian dan kebudayaan, Rusman Ya’qub lantas menyebut seputar ihwal fasilitasi dalam hal dukungan pendanaan kesenian dan pusat kesenian kebudayaan, kurikulum muatan lokal kebudayaan dan kesenian untuk SD, SMP, SMA, SMK dan perguruan tinggi.

“Serta koordinasi antar-lembaga pembinaan pemanfaatan kebudayaan dan kesenian, seperti Dikbud, Dispar, Kesbangpol dan Dewan Kesenian Daerah. Koordinasi itu saya rasakan masih lemah,” lanjutnya.

Satu hal yang juga penting bagi pemajuan kebudayaan Kaltim, lanjut Rusman, adalah perlunya pembenahan kelembagaan setingkat organisasi perangkat daerah (OPD).

“Kita tidak bisa berharap banyak kepada Disdikbud Kaltim. Jujur yang diurusi OPD itu lebih banyak pendidikannya, baik dalam soal anggaran maupun perhatian. Jadi harus ada Dinas Kebudayaan yang lebih fokus dalam mengurusi kebudayaan dan kesenian,” tutup Rusman Ya’qub. (adv)

spot_img

Yuk Baca Juga

spot_img

Berita Terkait