Baca Juga

spot_img

Peningkatan Sarana dan Prasarana Kesehatan dan Pendidikan Jadi Fokus Pemkab Kukar

AKSELERASI – Upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) mingkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), ternyata juga dibarengi dengan peningkatan sarana dan prasarana. Hal ini terlihat dari dua bidang, kesehatan dan pendidikan.

Kata Edy Damansyah, Bupati Kukar, keseriusan itu bisa dilihat melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kukar dan Dinas Pendidian dan Kebudayaan (Disdikbud) Kukar. “Ini yang sedang kami lakukan, karena banyak hal yang diharapkan bisa dilakukan di dua bidang tersebut,” katanya. “Tujuannya tentu saja agar SDM di Kukar bisa bersaing,” sambung Edi Damansyah, kemarin.

Sejumlah kebijakan, ucap Edy Damansyah, juga sudah dikeluarkan. Salah satunya terkait perekrutan tenaga yang bisa bertugas di kecamatan hingga desa. Dimana, perekrutan tenaga ini sebisa mungkin berasal dari kecamatan hingga desa itu sendiri. “Baik itu tenaga kesehatan maupun guru untuk bisa membangun kemajuan di kecamatan atau desa tempat asalnya sendiri,” jelasnya.

Pemkab Kukar, lanjut Edy Damansyah, juga telah mengkaji kebijakan dalam pemberian tambahan uang jasa. Hal ini diharapkan menjadi pemacu semangat agar dapat semakin berinovasi dan berinisiatif dalam menjalankan tugas pekerjaannya.

“Misalnya di bidang pendidikan bagi yang ditunjuk menjalankan tugas sebagai kepala sekolah, kita pahami akan beban yang ditanggungnya. Sehingga sekarang masih kami kaji untuk bisa memberikan tambahan uang jasa,” paparnya.

Makanya, Pemkab Kukar terus melakukan perbaikan dan perubahan dalam menghadapi tantangan dan tuntutan pengembangan SDM ini. Khususnya dalam pendistribusian tenaga-tenaga terampil dan berkualitas di dua bidang yang belum merata di 20 kecamatan di Kukar.

“Tidak hanya tenaga, sarana dan prasarana juga terus kami tingkatkan di tiap kecamatan hingga desa, seperti sekolah ataupun Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat, Red.),” tandasnya.

Terakhir, Pemkab Kukar saat ini sedang menjalankan persiapan awal dalam kerjasama membuat percontohan Sekolah Google. Kabarnya, Sekolah Google ini sudah menjadi program secara nasional. Sehingga melalui program ini penguatan dan peningkatan SDM bisa terwujud sehingga dapat bersaing secara nasional hingga internasional. “Untuk itu, mari kita konsisten melaksanakannya dengan baik. jadikan keberadaan kita untuk memberikan hasil yang baik dan bermanfaat bagi sesama,” tukas Edi Damansyah. (adv)

spot_img

Yuk Baca Juga

spot_img

Berita Terkait