Baca Juga

spot_img

Pokdarwis di Kukar Bakal Diikutkan Pelatihan Pengelolaan Destinasi Wisata

AKSELERASI – Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Wisata, Dinas Pariwisata Kabupaten Kutai Kartanegara, M. Ridha Fatrianta, mengatakan pihaknya akan menggelar pelatihan pengelolaan destinasi wisata bagi Kelompok Sadar Wisata atau Pokdarwis.

Pelatihan ini sendiri bertujuan untuk meningkatkan sumber daya manusia para pengelola destinasi wisata yang ada di Kabupaten Kukar. “Selain itu, pelatihan tersebut juga merupakan bentuk komitmen maupun perhatian Pemkab (Pemerintah Kabupaten, Red.) Kukar melalui Dispar Kabupaten Kukar kepada pengurus Pokdarwis,” katanya, Selasa 10 Oktober 2023.

M. Ridha Fatrianta menguraikan, pelatihan pengelolaan destinasi wisata itu rencananya akan melibatkan seluruh perwakilan Pokdarwis di Kabupaten Kukar. Sebagai narasumber, Dispar Kabupaten Kukar akan mendatangkan pengelola desa wisata di Pulau Jawa sebagai narasumber. “Pelatihannya akan kami laksanakan di Kota Tenggarong. Rencananya awal November ini,” ujarnya.

Setelah mendapatkan pelatihan dan sertifikasi, papar M. Ridha Fatrianta, pengurus Pokdarwis dapat mengajukan permohonan berupa proposal pengadaan ke Dispar Kabupaten Kukar. Hanya saja tidak semua proposal yang dimasukkan akan langsung dianggarkan. “Kami punya tim yang meninjau ke lapangan terkait kebutuhan dari objek wisata. Jadi tidak semua permohonan kita penuhi,” tegasnya.

M. Ridha Fatrianta menuturkan, sejumlah destinasi wisata di Kukar tidak semuanya dikelola oleh Dispar. Pengelolaan destinasi wisata itu juga melibatkan pihak lain, seperti industri, perusahaan, maupun swasta. Sebab, sebagian destinasi wisata di Kukar merupakan kepemilikan secara pribadi, swasta, maupun yayasan.

“Kalau ada tempat pariwisata yang dimiliki oleh perusahaan atau swasta, kita hanya bisa membantu peningkatan SDM. Namun, kalau itu milik pemerintah kita bisa menganggarkan untuk pengadaan alat maupun barang,” terangnya. (adv/diskominfokukar)

spot_img

Yuk Baca Juga

spot_img

Berita Terkait