Baca Juga

spot_img

UMKM di Muara Badak Raup Untung dari Festival Seni Budaya Nusantara

AKSELERASI – Aksi panggung Grup Band Jamrud di Lapangan Kantor Camat Muara Badak, Kutai Kartanegara Kartanegara, benar-benar memukau. Lagu-lagu yang dilantunkan musisi kenamaan tanah air itu berhasil membuat ribuan penonton yang hadir ikut berdendang dan bergoyang.

Penampilan tersebut sekaligus menjadi penutup rangkaian kegiatan Festival Seni Budaya Nusantara yang berlangsung selama dua hari, pada 20-22 Oktober 2023. Wakil Bupati Kukar Rendi Solihin pun mengungkapkan rasa syukurnya. Ia menilai festival itu berhasil dan membawa berkah bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kecamatan Muara Badak.

Ia mengaku bahwa semua stand yang disediakan selama acara Festival Seni Budaya Nusantara laris manis. “Banyak daerah yang sudah mengikuti Kukar memberikan hiburan secara gratis tapi belum ada yang berkeliling ke kecamatan-kecamatan. Semua ini dilakukan untuk mendapatkan multiplier efek,” kata Rendi Solihin. “Saya senang pelaku UMKM laris manis, pedagang pentol laris, tolong juga dibeli jualan es tehnya,” sambungnya.

Terpisah, pelaku UMKM Aprianti, 28 tahun, yang merupakan salah satu pedagang kuliner di sekitar lokasi acara Festival Seni Budaya Nusantara merasa sangat gembira. Selama festival konser berlangsung, dagangannya laris terjual. Dalam dua hari berjualan, ia berhasil meraih keuntungan hingga Rp 5 juta. “Keuntungan dari penjualan kali ini jauh lebih besar dari biasanya,” ungkapnya.

Aprianti berharap, acara serupa dapat terus dilaksanakan di Kecamatan Muara Badak. Karena acara yang diselenggarakan oleh pemerintah tidak hanya menghibur masyarakat, tetapi juga memberikan dampak positif terhadap ekonomi masyarakat lokal. “Kami sebagai masyarakat sangat berterima kasih kepada Pemerintah Kukar saat ini,” pungkasnya. (adv)

spot_img

Yuk Baca Juga

spot_img

Berita Terkait