Baca Juga

spot_img

Komisi II DPRD Kaltim: UMKM Kuliner Tumbuh Lewat Daring di Masa Pandemi

AKSELERASI – Masa pandemi tak melulu merugikan Usaha Mikro Kecil Menengah. Tren penjualan justru tumbuh, terutama bagi mereka yang menjual secara daring. Hal ini diungkapkan anggota Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kalimantan Timur, Ali Hamdi.

“Disaat pemberlakuan PPKM, maka mau tidak mau masyarakat akan cenderung berbelanja terutama makanan dengan sistem daring,” katanya.

Menurut politisi Partai Keadilan Bangsa ini, geliat UMKM perlu mendapat atensi serius semua pihak. Tujuannya, tentu untuk penopang utama perekonomian daerah. Pun di lain sisi, penunjang kemajuan sektor pariwisata disaat kondisi pandemi saat ini.

Bagi Ali Hamdi, “kita perlu mendorong semua pihak terutama dinas terkait untuk semakin mengembangkan UMKM. Terutama pengurusan izin. Juga memberikan pelatihan peningkatan sumber daya manusia hingga bantuan modal dan promosi.”

Disisi lain, ujar Ali Hamdi, perlu pendampingan untuk mengetahui potensi UMKM mana yang dapat dikembangkan masyarakat. “Ini biar mampu mendatangkan keuntungan dan menarik masyarakat luar daerah untuk berinvestasi. Dari dasar itu kami menilai sektor UMKM merupakan salahsatu solusi untuk memulihkan perekonomian masyarakat,” urainya.

Ali Hamdi menyatakan, penyelamatan sektor UMKM lebih fokus pada usaha yang memproduksi barang atau pengolahan. Untuk UMKM di pariwisata yang banyak bergerak di bidang jasa, Ali Hamdi menilai, hal ini akan sangat bergantung pada kebijakan pemerintah. Termasuk ketentuan apakah destinasi wisata akan dibuka atau tidak. “Jika yang ditawarkan jasa, tentu akan sangat bergantung pada kebijakan pemerintah dan bagaimana protokol kesehatan dapat tetap berjalan,” tuturnya. (dwi/hms8)

spot_img

Yuk Baca Juga

spot_img

Berita Terkait