Baca Juga

spot_img

Ingatkan soal Pajak, H. Baba: Penting untuk Pembangunan

AKSELERASI – Pajak yang dibayarkan masyarakat, ternyata penting untuk pembangunan. Apalagi, hal itu tertuang dalam Peraturan Daerah Nomor 01 Tahun 2019 tentang Perubahan Kedua Atas Perubahan Perda Provinsi Kalimantan Timur Nomor 1 Tahun 2011 tentang Pajak Daerah.

H. Baba menjelaskan, perda tentang pajak daerah ini sangat penting disosialisasikan kepada masyarakat. Maksudnya, tentu untuk meningkatkan pendapatan daerah Kaltim, khususnya Kota Balikpapan.

Dalam perda itu terdapat sejumlah jenis pajak. Diantaranya pajak kendaraan bermotor, biaya balik nama kendaraan bermotor, pajak bahan bakar kendaraan bermotor, pajak air permukaan, serta pajak rokok.

Suasana kegiatan sosialisasi perda, Sekretaris Komisi III DPRD Kaltim, H. Baba. FOTO: Ist

“Pajak daerah sangat penting untuk kegiatan pembangunan,” ujar Sekretaris Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kaltim itu, beberapa waktu lalu, saat sosialisasi di Jalan Jenderal Sudirman,  RT 06, Kelurahan Klandasan Ulu, Kota Balikpapan.

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan tersebut menegaskan, masyarakat tidak akan rugi membayar pajak. Sebab, pajak yang dibayarkan akan kembali kepada masyarakat juga. Bnetuknya beragam pembangunan infrastruktur seperti pembangunan jalan, jembatan, hingga gedung-gedung sekolah.

“Pajak dibayarkan tentu akan kembali juga kepada masyarakat dalam bentuk perbaikan infrastruktur,” paparnya.

Oleh karena itu, H Baba meminta kepada masyarakat untuk mengajukan usulan-usulan pembangunan. Seperti jalan lingkungan, penerangan jalan umum, hingga bantuan perikanan dan pertanian.

“Silakan saja masyarakat usulkan ke RT (Rukun Tetangga, Red.). Kemudian RT usulkan ke kelurahan, lalu disampaikan kepada kami di DPRD Kaltim untuk dimasukkan ke SIPD (Sistem Informasi Pembangunan Daerah, Red.). Silakan saja, asalkan usulan jangan sampai tumpang tindih. Artinya sudah diusulkan ke DPRD Balikpapan lalu diusulkan lagi kepada kami di DPRD Kaltim sehingga jadi dobel,” pungkasnya. (dwi/ads)

spot_img

Yuk Baca Juga

spot_img

Berita Terkait