Baca Juga

spot_img

Sekretaris Komisi III Minta Badan Otorita IKN Safari Keliling Kaltim

AKSELERASI – Sekretaris Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kalimantan Timur, Sarkowi V. Zahry, mengharapkan Badan Otorita Ibu Kota Negara melakukan safari ke masing-masing kabupaten maupun kota yang ada di wilayah Kaltim untuk menghimpun aspirasi berkaitan dengan adanya IKN.

Hal itu sudah disampaikan langsung politisi Partai Golongan Karya ini saat berkesempatan hadir dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah yang turut dihadiri langsung oleh perwakilan Badan Otorita IKN di Odah Etam, Kantor Gubernur Kaltim, Senin 17 April 2023, kemarin.

Katanya, tujuannya usulan ini agar Badan Otorita IKN dapat menyusun konsep program yang dapat dikoneksikan antara daerah penyangga dengan IKN. “Sehingga kalau konsep itu sudah terkoneksi dengan baik IKN-nya bisa maju, kabupaten dan kota pun demikian, makanya saya suarakan harus keliling ke daerah-daerah,” katanya, Selasa 18 April 2023.

Kemudian potensi urbanisasi penduduk besar-besaran menurutnya juga perlu disikapi oleh Badan Otorita IKN agar dikemudian hari tidak terjadi konflik sosial setelah adanya IKN. “Hal ini juga harus diperhatikan, karena jangan sampai nantinya akan timbul masalah,” jelasnya.

Menurutnya selama ini hal yang diharapkan masih belum jelas antara ruang celah yang dapat ditopang oleh daerah penyangga dan proses pembangunan IKN. Setelah mengutarakan harapan tersebut Sarkowi menjelaskan dalam waktu dekat Deputi Badan Otorita IKN akan bersedia keliling ke daerah-daerah di Kaltim. Melalui forum yang direncanakan tersebut, Sarkowi dapat menggambarkan nantinya akan ada program masing-masing kabupaten dan kota yang berkaitan dengan menopang IKN mendatang.

“Ini merupakan kabar positif, artinya ada upaya proaktif dari Badan Otorita IKN untuk menyerap aspirasi,” pungkasnya. (adv)

spot_img

Yuk Baca Juga

spot_img

Berita Terkait